Investasi Obligasi, Untung atau Rugi ya?

Posted by


Bagi kamu yang berencana untuk menyisihkan sebagian dari pendapatan bulanan untuk mulai berinvestasi, mungkin sempat dibuat bingung dengan pilihan investasi mana yang sebaiknya kamu ambil. Berinvestasi memang perlu pertimbangan matang. Apalagi bila kamu akan melakukan investasi dalam jumlah besar.

Salah satu investasi yang sering dipilih orang-orang adalah obligasi. Nggak heran sih, karena banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan berinvestasi ini. Nah, buat kamu yang masih awam dengan investasi obligasi, simak penjelasan berikut ya supaya lebih paham.


Jadi, obligasi adalah istilah dalam pasar modal untuk menyebut surat pernyataan utang yang diterbitkan oleh penerbit obligasi kepada pemegang obligasi, dalam hal ini berarti investor seperti kamu. Pemegang surat obligasi nantinya akan mendapatkan keuntungan berupa imbal hasil yang diberikan setiap bulannya.

Seperti semua investasi lainnya, obligasi pun memiliki beberapa keunggulan, di antaranya:

         Pengembalian investasi tetap. Kamu akan menerima tingkat bunga tetap dan dana pokok kamu kembali saat investasi obligasi jatuh tempo. Jadi, kamu akan tahu persis berapa pendapatan investasi kamu.

         Lebih sedikit resiko dibandingkan dengan saham. Selain menerima pengembalian investasi tertentu, pemegang obligasi dibayar terlebih dahulu jika terjadi likuidasi.

         Cenderung lebih stabil. Nilai obligasi dapat berfluktuasi sesuai dengan suku bunga dan tingkat inflasi saat ini, tetapi umumnya lebih stabil dibandingkan dengan saham.

Melihat penjelasan di atas, tentu jelas terlihat ya kalau berinvestasi obligasi itu banyak untungnya. Meskipun begitu, masih banyak juga yang belum tahu bagaimana cara mulai untuk investasi obligasi. Apalagi kalau kamu termasuk pemula di dunia pasar obligasi ini.

Nah, bersyukurlah karena sekarang ada digibank by DBS. Untuk memudahkan investasi, kamu bisa lho membeli produk obligasi online melalui digibank by DBS. Apalagi digibank by DBS juga merupakan salah satu mitra terpercaya yang ditunjuk pemerintah Indonesia untuk memasarkan Government Bonds kepada masyarakat.

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan beli obligasi lewat digibank, yaitu:

1.            Proses yang full online, mulai dari pembuatan SID, pemesanan, pembayaran, dan penjualan kembali lewat aplikasi digibank by DBS.
2.            Margin yang kompetitif
3.            Varian produk yang lengkap
4.            Nilai minimum pembelian yang sangat terjangkau, mulai dari Rp 1 juta.

Kalau kamu tertarik untuk beli obligasi lewat digibank by DBS, cukup download dulu aplikasi digibank by DBS di AppsStore dan Google PlayStore. Setelah itu, lakukan langkah-langkah berikut ini:

         Login dan masuk ke halaman pembelian obligasi SBN. Kalau sudah, pilihlah salah satu produk obligasi (SBN) pasar sekunder.
         Kamu dapat melihat detail informasi produk dan mengisi nominal pembelian. Setelah itu, sistem yang akan menghitung total dana yang dibutuhkan.
         Aplikasi digibank by DBS akan menampilkan halaman konfirmasi. Kamu lalu bisa melanjutkan dengan menyetujui syarat dan ketentuan, serta memasukkan password untuk konfirmasi dan verifikasi otentikasi.
         Setelah settlement, portofolio kamu akan bertambah. Kamu juga dapat melihat transaksi yang dilakukan di bagian “History Transaksi”.

Selain bisa dilakukan melalui aplikasi digibank by DBS, kamu juga bisa kok kalau ingin melakukan transaksi di kantor cabang. Jadi, pada saat melakukan pemesanan, dana di rekening kamu akan di-lien. Selain itu, pada tanggal settlement, dana akan didebet dan kamu akan menerima Obligasi yang dibeli.

Selain keuntungannya banyak, mudah sekali kan kalau kamu ingin berinvestasi di pasar obligasi melalui digibank by DBS? Makanya, ayo tunggu apa lagi? Segera berinvestasi sekarang juga, agar kamu bisa meraih keuntungan maksimal!


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 00.09

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts